Pendampingan Upsus Membersihkan Rumput Di Sawah Oleh Babinsa Winongan Kidul


PASURUAN - Hari Senin (05/11/2018) Anggota Koramil 0819/15 Winongan Serda Nizar Babinsa Desa Winongan Kidul melaksanakan pendampingan Upsus masa perawatan tanam padi  yaitu membersihkan rumput sawah milik Bapak Nur Hadi Dusun Talang Desa winongan Kidul Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.


Dengan pelaksanaan pembersihan rumput di lahan persawahan dalam rangka perawatan tanaman padi untuk mensukseskan swasembada pangan yang telah dicanangkan pemerintah.

Kegiatan seperti ini sangat disambut baik oleh perani, Hal ini terlihat dari antusias dalam membersikan rumput dan menyulami tanaman padi yang tidak tumbuh terlihat sangat semangat, walaupun panas matahari sagatlah terik dan menyengat badan.

Serda Nizar mengungkapkan, rumput di sekitar tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu tanaman padi itu sendiri dan akibatnya tanaman menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan padi yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat. Selain itu penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

“Adapun tanaman padi tersebut sudah umur 50 hari dengan padi jenis bibit ciherang, tanaman padi yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal, mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi dan pembersihan gulma agar tanaman padi tumbuh normal," ungkap Serda Nizar. (Fery J.M)


Posting Komentar

0 Komentar