Banjir Di Winongan Akibat Saluran Air Mampet



Mitra Pasuruan. Akibat hujan deras selama 3 jam Desa Bandaran Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan kembali dilanda banjir Rabu 30/1/2019, banjir dengan ketinggian air 20 sampai dengan 40 cm terjadi sekitar pukul  18.15 WIB.

Banjir di Desa Bandaran sudah menjadi langganan tiap musim penghujan, namun berbeda dengan kejadian sebelumnya, banjir kali ini disebabkan karena tersumbatnya saluran air mikro atau tali-tali air atau selokan di sepanjang Jalan Raya Bandaran imbas dari proyek perbaikan jalan sehingga pada saat terjadi hujan deras yang agak lama, air yang semestinya mengalir ke Sungai Welang terpaksa mengenangi SMKN Winongan, Koramil 0819/15 Winongan dan pemukiman warga Desa Bandaran.

Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, S.Sos saat meninjau Kantor Koramil 0819/15 yang terendam banjir menyampaikan kepada Danramil 0819/15 Winongan Kapten Inf Edy Suryanto dan Kapolsek Winongan AKP Handoko, agar koordinasi dengan Kepala Desa Bandaran dan Camat Winongan untuk segera memperbaiki saluran air yang tersumbat, " Persoalannya yang terjadi karena curah hujan tinggi, daya retensi tidak ada,  kondisi tersebut membutuhkan saluran air yang besar dan lancar sehingga saat hujan dapat mengalir langsung mulai dari dataran tinggi sampai ke aliran Sungai Welang" kata Dandim 0819 Pasuruan.

"Apabila selokan (saluran air) tidak segera diperbaiki / dinormalisasi hingga ke Sungai Welang, maka ketika hujan deras air dari selokan meluap dan mengenangi sekitarnya, akibatnya dapat mengganggu aktivitas warga, proses belajar siswa dan dapat menimbulkan penyakit" imbuh Dandim 0819 Pasuruan. Dalam pelaksanaannya Kodim 0819 Pasuruan siap membantu dengan mendatangkan alat berat (Bego) dan akan dikerahkan Personel Kodim 0819 untuk gotong royong bersama warga dan instasi lainnya. (MP)

Posting Komentar

0 Komentar