6 Kali Bupati Pasuruan Raih Penghargaan Pembina K3 Dari Pemprov Jatim


Mitra Pasuruan. Bupati Pasuruan H.M Irsyad Yusuf kembali mendapatkan penghargaan dari pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai pembina K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) terbaik se-Jawa Timur. Penghargaan Ini merupakan untuk keenam kalinya secara berturut-turut yang diraih Bupati Pasuruan dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur.

Penghargaan tersebut di berikan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono kepada Bupati Irsyad Yusuf yang diwakili oleh KH Abdul Mujib Imron selaku Wakil Bupati Pasuruan dalam acara Penyerahan Penghargaan Pembina K3 kepada Bupati/Walikota, di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Selain Bupati Pasuruan, 54 perusahaan di Kabupaten Pasuruan juga menerima penghargaan ketenagakerjaan.

Dengan rincian sebanyak 42 perusahaan yang berhasil menerapkan Zero Accident (Kecelakaan Nihil), 9 perusahaan yang sukses menerapkan Sistem Management Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3), serta 3 perusahaan yang berhasil mempertahankan program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS (P2HIV/AIDS) di tempat kerja.

Bupati Pasuruan H.M Irsyad Yusuf menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan terus mengawasi terkait keselamatan dan kesehatan pegawai/buruh/dan karyawan perusahaan. Lantaran kedua hal tersebut sangat penting, karena merupakan kebutuhan bersama. Dimana pengusaha pemberi kerja sedangkan buruh merupakan penerima kerja. Selain itu Gus Irsyad juga menjelaskan, bahwa keselamatan dan kesehatan kerja merupakan kebutuhan yang sangat mutlak dan tidak bisa di tawar oleh pengusaha, karena hal tersebut merupakan jaminan bagi buruh agar mereka tidak perlu takut dalam bekerja dan melaksanakan tugasnya.

Dilain tempat, Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan Achmad Chasani mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran maupun kepatuhan perusahaan dalam menerapkan K3, salah satunya dengan terus berkoordinasi melalui pengawas K3 hingga management perusahaan-perusahaan di Kabupaten Pasuruan. (Yn)

Posting Komentar

0 Komentar