Antisipasi Banjir Koramil 0819/15 Winongan Laksanakan Karya Bhakti Normalisasi Saluran Air




Mitra Pasuruan.  Menyikapi banjir yang melanda Desa Bandaran Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan beberapa hari yang lalu dan sebagai salah satu wujud kepedulian TNI dalam membantu masyarakat dalam mengatasi suatu permasalahan diwilayah, Koramil 0819/15 Winongan melaksanakan karya bhakti menormalisasi saluran air di sepanjang jalan raya Bandaran. Minggu (3/2/2019).

Karya Bhakti yang dimulai pukul 07.30 WIB melibatkan + 136 orang yang terdiri dari Personel Koramil 0819/15 Winongan, Anggota Polsek Winongan, Pengawai Kecamatan, Perangkat Desa dan warga masyarakat Desa Bandaran serta dibantu + 15 orang Personel dari Yonzipur 10/2/Kostrad dipimpin Lettu Czi Hussein. Kegiatan juga mendapatkan bantuan tenaga 1 alat berat (bego) dari Kodim 0819 Pasuruan untuk mempermudah mengeruk saluran air yang tersumbat sepanjang 300 meter.

Kapten Inf Edy Suryanto Danramil 0819/15 Winongan pada saat apel sebelum pelaksanaan karya bhakti menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menormalisasi saluran air yang menjadi penyebab terjadinya banjir di Desa Bandaran, dengan curah hujan tinggi dan saluran air tersumbat maka air hujan tidak mengalir lancar ke sungai dan mengenangi pemukiman warga. "Guna mempermudah pengerukan saluran air yang tersumbat, Kodim 0819 Pasuruan memberikan bantuan alat berat bego untuk mempercepat pekerjaan karena bulan ini intensitas hujan cukup tinggi." Kata Kapten Inf Edy.
"Selain itu kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian kita sebagai Aparat Teritorial untuk membantu Pemerintah Daerah dalam membantu kesulitan dan permasalahan masyarakat, sehingga kita harus melaksanakan dengan ikhlas dan senang hati, " Ujar Danramil 0819/15 Winongan.

Tectona Jati, SSTP, Msi Camat Winongan yang ikut langsung karya bhakti  menyampaikan “Kami atas nama warga berterima kasih sekali dengan adanya karya bakti ini masyarakat sangat terbantu, diharapkan dengan normalisasi saluran air ini banjir yang selama ini melanda Desa Bandaran dapat segera teratasi. Di samping itu kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan soliditas Muspika Winongan dan masyarakat yang selama ini berjalan dengan baik agar lebih harmonis dan lestari”.
Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, S.Sos Komandan Kodim 0819 Pasuruan yang saat itu mengikuti sedang kegiatan Rally Wisata Hari Pers Nasional menyempatkan diri meninjau karya bhakti tersebut. Saya berterima kasih sekali kepada seluruh jajaran yang mampu bersinergi dengan baik bersama aparat yang ada diwilayah utamanya Babinsa dengan Kades, Danramil dengan Kapolsek dan Camat serta lain-lain yang tentunya dalam mengatasi kesulitan permasalahan masyarakat dengan baik. Katanya.

“Disamping itu, juga memiliki tujuan strategis dalam rangka memelihara semangat kegotong royongan yang saat ini sudah mulai memudar dimasyarakat, dan pudarnya semangat kegotong royongan akan memperlemah ketahanan wilayah itu sendiri sebagai bagian dari ketahanan nasional,” Imbuh Dandim 0819 Pasuruan.

Posting Komentar

0 Komentar