Babinsa Koramil 0819/05 Grati Bersama Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul Sungai


Mitra Pasuruan.  Untuk membantu mengatasi kesulitan warga masyarakat diwilayah Kecamatan Grati, Sejumlah anggota Koramil 0819/05 Grati bersama BPBD dan masyarakat melaksanakan kegiatan karya bhakti memperbaiki tanggul sungai sekunder di Dusun Tugu Desa Kedawungkulon Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Minggu (10/2/2019).

 

Tidak kurang dari 100 orang yang terdiri  personel TNI dari Koramil 0819/05 Grati, BPBD Kecamatan Grati,  Kepala Desa Kedawungkulon beserta perangkatnya, Kelompok Tani dan Warga Dusun Tugu Desa Kedawungkulon, bergotong-royong menggunakan peralatan seadanya memperbaiki tanggul saluran sungai sekunder sepanjang 7 meter lebar 1,5 meter menggunakan tumpukan karung berisi tanah/pasir.

 

Karya bakti perbaikan tanggul ini akibat hujan yang sangat deras mengguyur wilayah Kecamatan Grati dan air kiriman dari pegunungan, sehingga sungai tidak mampu menampung debit air, mengingat tanggul yang ada kurang tinggi mengakibatkan tidak mampu menahan air dan meluber mengenangi permukiman warga, hal tersebut membuat warga resah apabila hujan turun dengan intensitas tinggi.

Mendengar keluhan warga dan untuk mencegah tanggul sungai tidak jebol maka Babinsa Desa Kedawungkulon Serda Dedy Kurniawan berkoordinasi dengan Bapak Sugianto Kepala Desa setempat guna mengerahkan masyarakat setempat untuk segera memperbaiki tanggul tersebut sementara dengan karung karung yang diisi tanah. Sehingga warga tidak lagi khawatir akan pemukimannya digenangi air banjir.

 

Danramil 0819/05 Grati Kapten Inf Yuwono saat dikonfirmasi berharap dengan adanya kerja bakti ini akan memberikan manfaat bagi Masyarakat Desa Kedawungkulon khususnya para petani dan dapat menumbuhkan tali silaturrahmi antara warga masyarakat dan TNI, dan berharap kedepannya agar sungai Kedawung atau sungai Gede tidak akan meluberi pemukiman warga lagi.

 

Kepala Desa Kedawungkulon bapak Sugianto mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas kerja samanya dengan anggota Koramil 0819/05 Grati, semoga dengan adanya kerja bakti ini dapat memotivasi masyarakat  setempat untuk saling bekerja sama dan dapat menjalin tali silaturahmi yang erat antara warga dan aparat TNI agar tetap harmonis. (Yn)



Posting Komentar

0 Komentar