Kuatkan Nasionalisme, Pemkot Pasuruan Intensifkan Wawasan Kebangsaan



Mitra Pasuruan. Semakin lunturnya rasa nasionalisme masyarakat, khususnya dalam memiliki rasa, paham dan semangat kebangsaan, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan Pembinaan Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air dan Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa, Karang Taruna dan Siswa-siswa SMA/SMKN/Swasta se-Kota Pasuruan yang di ikuti + 150 orang.    Kamis (7/2/2019)

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Woloe Pasuruan tersebut dibuka oleh Drs Agus Rahmanto, M.Si Asisten I Pemkot Pasuruan, dalam pembukaan dikatakan “Sosialisasi wawasan kebangsaan merupakan kegiatan peningkatan kesadaran generasi muda akan nilai-nilai luhur budaya bangsa, khususnya untuk membangkitkan rasa dan semangat kebangsaan di kalangan masyarakat, dan juga mendorong percepatan pencapaian tujuan dan cita-cita nasional dalam kerangka NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”.

Kegiatan berikutnya penyampaian Wawasan Kebangsaan oleh Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan yang intinya Pancasila dan UUD 1945 merupakan landasan Wawasan Nusantara karena dalam Pembukaan UUD 1945 tercantum Pancasila dan mengandung nilai-nilai universal, sebagai genarasi muda Bangsa Imdonesia harus memiliki kekuatan tekad untuk tujuan maupun cita-cita nasional, tempat mempertahankan dan memperjuangkan kepentingan nasional yang pada hakikatnya adalah kepentingan keamanan dan kesejahteraan guna mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pokok pikiran mengenai nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa harus kita tanamkan kembali kepada masyarakat, diantaranya usaha-usaha yang perlu dilakukan oleh generasi muda maupun generasi dewasa, dalam mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa, yakni dengan mengembangkan nilai-nilai moral yang dilandasi dengan nilai-nilai agama. Hal ini perlu dilakukan agar generasi muda dapat hidup berdasarkan nilai-nilai yang diajarkan di dalam agama masing-masing dan juga agar generasi muda dapat lebih mengembangkan cara hidup tolong menolong dalam kebersamaan,” ungkap Lettu Inf Suudi Perwira Sandi Kodim 0819 Pasuruan disela-sela pelaksanaan sosialisasi. (MP)

Posting Komentar

0 Komentar