Makam Pahlawan Untung Suropati Yang Tidak Beruntung, Saat Hari Jadi Pasuruan Tak Ditelikuri




22/02/2019 Mitra Pasuruan


Mitra Pasuruan - Sosok pahlawan Untung Surapati yang legendaris dan perjuangannya melawan Kolonialisme VOC di Pulau Jawa membuatnya dikenal sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Untung Suropati ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional sejak 3 November 1975 berdasarkan SK. Presiden RI No. 106/TK/1975.

Makam Untung Surapati terletak di Kelurahan Mancilan, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Atau tepantnya di sebelah selatan Pasar Kebonagung.  Kondisi makam sepintas terlihat terawat. Hanya saja terlihat sepi pengunjung atau peziarah.  Baik dari warga sekitar, atau dari Pasuruan sendiri maupun asal luar kota.
Makam tak terlihat sama sekali kalau yang sedang berada disitu seorang Pahlawan pembela negara.  Keberadaannya tidak jauh beda dengan makam lainnya. Makam sang pahlawan tokoh pemberani ini kian tenggelam pamornya.
Di Hari Jadi Kota Pasuruan yang ke 333 kali ini, tak terlihat pejabat dan orang-orang birokrasi mengunjungi makam tersebut. Padahal tahun-tahun sebelumnya masih ada bentuk penghormatan, meski tidak harus bermewah-mewah.
“Sekarang sudah sepi mas, paling ya cuma anak pelajar.  Biasanya siswa SMA 1 yang  kesini.  Mereka tanya tanya ke saya soal sejarah makam Untung Surapati,” ujar Ikhya selaku juru kuncinya makam Untung Suropati.

Ikhya berharap ada tamu atau peziarah yang datang ke makam Untung Surapati. Dengan senang hati Ikhya akan menemui maupun menjawab pertanyaan  para tamunya. Baik tanya soal makamnya ataupun sosok Untung Suropati. Pada era Orde Baru, Untung Suropati masuk dalam buku sejarah nasional untuk tingkat SD.


Makam Pahlawan Nasional Untung Suropati di Mancilan


Ikhya menuturkan, neneknya adalah pemilik tanah dari makam tersebut.  Rumah sang juru kunci ini berada tidak jauh dengan makam. Akses untuk menjumpai sang juru kunci pun sangat mudah. (MP)







Posting Komentar

0 Komentar