Primadona Ranu Grati Yaitu Ikan Lempuk, Yang Makin Digemari Konsumen Warga Turis


27/02/2019 Mitra Pasuruan
Mitra Pasuruan - Selain memiliki kandungan gizi melimpah, ikan Lempuk yang perkembangbiakannya hanya dijumpai di danau Ranu, Kecamatan Grati dikenal nilai ekonomisnya bagi warga sekitar. Lempuk chrispy-pun menjadi makanan favorit yang tidak hanya dicari masyarakat Jawa Timur serta kota-kota besar di tanah air saja, tetapi sudah go international  ke beberapa benua.

Adalah Siti Aisah, sosok dibalik lahirnya produk berlabel Aisah Lempuk ChrispyPerempuan berusia 28 tahun yang menekuni pengolahan produk makanan ringan berbahan baku ikan Lempuk segar tersebut memulai bisnisnya sejak tahun 2017 silam. Meski tergolong masih baru sebagai produsen, tetapi dari segi jejaring penjualannya terbilang luas. Berbekal P-IRT/ Produksi Industri Rumah Tangga yang telah dikantonginya setahun silam, sebaran konsumennya tidak hanya merambah ke beberapa negara tetangga di lingkup Asia seperti Singapura dan Hongkong saja, melainkan sampai ke Australia, Amsterdam bahkan ke negara Amerika latin,  Equador.   




“Selama ini strategi penjualan kami memanfaatkan media sosial, facebook di akun Aisah Lempuk Chrispy. Jadi lebih banyak menerima penjualan dengan sistem online. Alhamdulillah pesanan demi pesanan terus mengalir. Pernah tahun lalu dapat orderan dari Amsterdam dan negara lainnya senilai 15 juta Rupiah. Kami terbantu ada ibiu-ibu di DPR RI yang membawa produk Lempuk Aisah di sela kunjungannya ke beberapa negara. Juga ibu-ibu Kedubes Indonesia di Equador”, tuturnya pada saat dihubungi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan,
Menurutnya, selain faktor luasnya networking pemasaran yang bagus dan kontinyu, kualitas dan citarasa produk yang tetap terjaga merupakan modal utamanya dalam mempertahankan branding produknya di pasaran. Sehingga setiap harinya, dari sekitar 30 kg Lempuk chrispy yang dihasilkannya, ia mampu menjual minimal 20 kemasan toples yang dihargai Rp 37.000 dalam setiap 350 gramnya. Itu belum termasuk omzet penjualan berwadah plastik bening, masing-masing kemasan 100 gram seharga Rp 13.000 dan kemasan 250 gram seharga Rp 27.000. Belum lagi pepes Lempuk yang juga diproduksinya setiap hari.         

“Selain dijual secara online, kami juga menerima pesanan yang bisa dibeli di rumah atau diantarkan ke rumah konsumen. Untuk produk Lempuk chrispy ada beberapa varian rasa yaitu yang original, jeruk purut, pedas dan balado. Khusus pepes Lempuk per bungkusnya kami jual Rp 3.500. Semua bahan baku kami peroleh dari nelayan Lempuk langsung, jadi selalu terjaga kesegaran ikannya”, ceritanya dengan nada sumringah. (MP) 






Posting Komentar

0 Komentar