Upacara Peringatan Hari K3 di PT. BBI Pasuruan


Mitra Pasuruan. Upacara  peringatan Hari Bulan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2019,  Kamis (14/2/2019) digelar di halaman PT. Boma Bisma Indra (BBI) Jl. Imam Bonjol, Kelurahan Bugul Lor, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Inspektur Upacara Ketua DPRD Kota Pasuruan, H.  Ismail Hasan.  Hadir, Sekretaris Daerah, Jajaran Forkompimda, Kepala OPD, Dewan Pengupahan Kota Pasuruan serta karyawan-karyawati perusahaan.

Sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang dibacakan Ketua DPRD, tema pokok Bulan K3 Tahun 2019 ini adalah “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional”.

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) Bulan Agustus 2018, sebanyak 58,76% dari total angkatan kerja Indonesia adalah tamatan SMP ke bawah. Hal tersebut berdampak pada kesadaran pentingnya perilaku selamat dalam bekerja. Sementara itu terkait keselamatan kerja, BPJS Ketenaga kerjaan mencatat, sepanjang 2018 terdapat 157.313 kasus kecelakaan kerja.
Termasuk dalam kategori kecelakaan kerja adalah kecelakaan lalulintas pada saat pekerja pulang dan pergi menuju tempat kerja. Oleh sebab itulah, pemerintah mengajak seluruh stakeholder (pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat) terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan.

Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional.

Usai upacara ada penyerahan santunan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada  Supardi (Alm) diterima oleh ahli waris jaminan kecelakaan kerja sebesar Rp 353.191.600. Kemudian Solekhati penerima jaminan kematian dan hari tua sebesar RP 42.062.870. Dan Artha Adi Iswadi penerima kartu BPJS tenagakerja. (Yn)

Posting Komentar

0 Komentar