BPBD Kabupaten Pasuruan Membuat Dapur Umum Dan Berikan Bantuan Makanan Untuk Korban Banjir

Mitra Pasuruan - Banjir parah yang melanda 5 Kecamatan di Pasuruan yakni Kecamatan Nguling, Grati, Rejoso, dan Kecamatan Winongan. Ketinggian air banjir bervariasi, mulai dari tinggi 1 meter sampai 1,5 meter membuat aktifitas warga lumpuh.

Daerah terparah yakni di Kecamatan Grati ini. Sedikitnya ribuan rumah warga, fasilitas umum, balai desa, sekolah terendam banjir. Bahkan sejumlah sekolah dasar dan menengah pertama terpaksa diliburkan karena terendam banjir.

Menurut Seger Perangkat Desa Kedawungkulon, banjir disebabkan karena curah hujan sejak Rabu (20/3/2019) malam sangat tinggi, sehingga sungai dekat pemukiman warga tak dapat menampung debit air hujan hingga meluber kepemukiman warga. Akibat banjir ini, aktifitas warga terganggu. Mereka hanya bisa menunggu air banjir surut untuk bisa beraktifitas lagi.

Hingga kini air belum sepenuhnya surut membuat BPBD Kabupaten Pasuruan membuat dapur umum, untuk menjamin kebutuhan makan warga korban banjir, yang sampai saat ini tidak dapat beraktifitas akibat genangan air.

Dapur umum yang dibuka oleh BPBD Kabupaten Pasuruan, berada di Desa Arjosari Kecamatan Rejoso dan di Kecamatan Grati yakni di Desa Kedawungkulon dan Desa Kedawungwetan Desa Ranuklindungan.

Selanjutnya BPBD Kabupaten Pasuruan bersama Muspika Grati dan Rejoso juga memberikan bantuan makanan kepada warga yang terdampak banjir.

Meski dilanda banjir, sejumlah warga memutuskan untuk tetap tinggal di rumah. Namun sebagian lainnya memilih mengungsi ketempat kerabatnya yang lebih aman. (Yn)

Posting Komentar

0 Komentar