Bus Terperosok Ke Dalam Parit, Akibat Kecerobohan Penumpang



Mitra Pasuruan – Sebuah bus milik PO Jawa Indah Trasindo jurusan Surabaya Jember nopol P 7062 UK terperosok ke parit yang berada di sisi selatan jalan, Minggu petang (17/3). Penyebabnya, salah satu penumpang di dalam bus menyenggol tuas rem.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.00. Petang itu, bus yang dikemudikan oleh Pairan, 41, warga Kabupaten Jember berhenti di SPBU Sedarum yang berada di sisi utara jalan. Posisi bus sendiri menghadap ke arah selatan.Pairan lantas turun dari bus tersebut untuk minum kopi di sebuah warung yang berada di sisi timur tidak jauh dari SPBU.

Saat itulah, tiba-tiba, salah satu penumpang bus menyenggol tuas rem. Akibatnya, bus berjalan ke selatan dikarenakan posisi jalan yang menurun.Bagian depan bus lantas terperosok ke parit yang berada di utara SPBU. Sementara bagian belakang bus berada di ruas jalan Sedarum sisi selatan. Tak ayal kondisi ini membuat ruas jalan setempat pun macet karena bagian body bus memakan jalan. Penumpang pun langsung dievakuasi ke bus di belakangnya.

Kemacetan terjadi sejauh satu kilometer di sisi selatan mulai dari depan SPBU Sedarum ke arah timur. Proses evakuasi sendiri memakan waktu cukup lama karena hujan deras melanda wilayah Sedarum. Evakuasi bus sendiri baru selesai dilakukan sekitar pukul 18.50 dengan menggunakan derek.

Kanitlaka Satlantas Polresta Pasuruan, Iptu Ahmad Jayadi membenarkan adanya kecelakaan tunggal bus di Jalan Raya Sedarum. “Ini murni kecelakaan tunggal yang disebakan human error dikarenakan salah satu penumpang bus tidak sengaja menyenggol handel rem,” ungkap Jayadi.

Posting Komentar

0 Komentar