Cegah Demam Berdarah, Pemkab Pasuruan Gelar Apel Akbar Gemas Darling Dan PSN (Pemberatasan Sarang Nyamuk)

Mitra Pasuruan – Sebagai antisipasi penyakit yang sering muncul pada musim penghujan salah satunya adalah demam berdarah, Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan menggelar Apel Akbar Gemas Darling (Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan) dan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) di Rest Area Bang Kodir Kelurahan Pogar Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan, Kamis (21/3/2019).

Bupati Pasuruan, HM. Irsyad Yusuf selaku Pembina Apel Akbar dalam sambutannya mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan utamanya tempat-tempat yang sekiranya menjadi tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah. Hal ini perlu menjadi perhatian karena demam berdarah bisa menyerang siapa saja.

“Musim penghujan seperti sekarang ini, banyak tempat-tempat yang tergenang air dan dijadikan sarang nyamuk DBD, melakukan pemberantasan sarang nyamuk sebagai bagian dari bentuk kewaspadaan. Dorongan utamanya, disampaikan kepada seluruh Dinas/Badan/Kantor, Camat, Lurah/Kepala Desa untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan dan mengidentifikasi bahaya DBD melalui Gerakan Masyarakat (Germas),” kata Bupati Pasuruan.

Pemkab Pasuruan telah mencanangkan G1R1J (Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik) sebagai langkah untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) akibat gigitan nyamuk Aeides Aegepty.

“Intinya, setiap satu rumah bertanggungjawab terhadap Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan rumahnya. Mari bersama-sama membersihkan lingkungan di sekitar tempat kerja maupun tempat tinggal masing-masing dan melaksanakan 3M plus,” kata Bupati Pasuruan.

Hadir dalam Apel Akbar tersebut Bupati Pasuruan H.M.Iryad Yusuf, Dandim 0819 Pasuruan Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, Danyonkav-8/2 Kostrad Letkol Kav Suntara Wisnu Budi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, seluruh Camat se Kabupaten Pasuruan dan diikuti oleh 350 orang kader Gemas Darling. (Yn)

Posting Komentar

0 Komentar