Dalam Sebulan 6 Warga Nguling Terjangkit DBD

Mitra Pasuruan - Dalam Bulan Pebruari 2019 ini 6 warga Nguling, Kabupaten Pasuruan terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Diantaranya harus dirujuk ke Rumah Sakit setelah mendapat perawatan di Puskesmas Nguling.

Dokter Puskesmas Nguling dr. Indah Dewi mengatakan seebulan terakhir ini (Pebruari 2019), Puskesmas Nguling telah menangani 6 warga yang dinyatakan positif DBD tersebut semuanya berasal dari Desa/Kecamatan Nguling. Terdiri 2 anak-anak, 2 remaja dan 2 orang dewasa. Dua korban di antaranya masih bertalian kakak-adik.

Ada 5 pasien DBD kemudian dirujuk ke RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan, RSUD Grati dan RSUD Tongas Probolinggo. Rujukan diputuskan, setelah pihak puskesmas menilai, korban DBD perlu mendapat perhatian medis lebih mumpuni. Dan saat ini, puskesmas Nguling masih menangani satu pasien positif DBD. Namun, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, puskesmas sepertinya juga akan merujuknya ke rumah sakit.

Menurut Dokter Indah, 6 warga Nguling tersebut, terbilang masih beruntung. Pasalnya pihak keluarga pasien segera memeriksakan kerabatnya tatkala mendapati gejala panas-dingin, mual, dan lemas.“dan setelah diperiksa laboratorium hasilnya positif DBD,” kata Indah.

Dokter Indah juga menghimbau agar warga selalu menjaga kebersihan lingkungan dan waspada apabila ada kerabatnya yang sakit gejalanya mirip DBD segera diperiksakan ke Puskesmas.

Belakangan diketahui, selain 6 warga yang dinyatakan positif, sejumlah pasien di Puskemas Nguling juga menunggu hasil uji laboratorium, setelah gejala-gejala diduga mirip BDB sempat dikeluhkan. (Yn)

Posting Komentar

0 Komentar