Dinkes Kabupaten Pasuruan Himbau Warga Purwosari Waspadai Gejala Penyakit Anemia

Mitra Pasuruan – Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai berbagai gejala anemia. Sebab, penyakit tersebut kerap diabaikan oleh masyarakat sehingga tidak mampu melakukan aktivitas secara optimal, Untuk itu diadakan sosialisasi tentang gejala penyakit animea di Gedung Pertemuan Puskesmas Purwosari, Rabu (20/02/2019)

Sosialisasi dihadiri Camat Purwosari beserta unsur Forkopimka Purwosari, Kepala Puskesmas Purwosari, Sekdes se Kecamatan Purwosari dan Perwakilan Kader Kesehatan se Kecamatan Purwosari.

"Ada beberapa tanda anemia yang bisa dilihat, di antaranya kelopak mata bagian dalam pucat dan biasanya terlihat lesu, lemah, letih, lelah dan lalai (5L)," kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Agus Eko Iswahyudi, SKM, MSi.

Menurut dia, pencegahan anemia dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi, khususnya makanan yang banyak mengandung zat besi misalnya daging merah, hati ayam, ikan, telur, tempe, tahu, selada, bayam, sawi, brokoli dan kangkung.

Agus Eko juga mengingatkan Ibu Hamil untuk mewaspadai berbagai gejala anemia sebab, penyakit tersebut dapat bisa menyebabkan banyak hal seperti kematian ibu saat melahirkan dan bisa jadi si anak menjadi kekurangan gizi. “Untuk Remaja Putri juga harus waspada gejala anemia sebab dapat mempengaruhi kondisi kesehatan reproduksi di masa yang akan datang”. (Yn)

Posting Komentar

0 Komentar