Lestarikan Tradisi Warga Plintahan Pandaan Gelar Karnaval Budaya Sedekah Bumi

Mitra Pasuruan - Dalam rangka melestarikan tradisi dan budaya turun temurun. Warga bersama Kepala Desa serta Perangkat Desa Plintahan Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan mengelar tradisi desa yang bertajuk Karnavak Budaya Sedekah Bumi. Minggu(24/03/2019).

Kegiatan yang rutin tiap setahun sekali ini menampilkan wakil-wakil tiap Dusun dengan berbagai kreasi baik seni dan hiasannya, keunikkan ini menarik perhatian masyarakat dari beberapa daerah sekitar Pandaan untuk melihat  tradisi budaya yang jarang ditemui di era millenial seperti sekarang.

kegiatan yang dilepas oleh Camat Pandaan dan Kapolsek Pandaan tersebut mendapatkan pengamanan dari Anggota Polsek Pandaan, Koramil 0819/18 Pandaan serta Satlimas karena melewati route jalan desa yang sudah penuh dengan masyarakat untuk menonton jalannya karnaval.

Disela-sela acara Babinsa Desa Plintahan, Kopka Salim Bazed menyampaikan bahwa karnaval budaya sedekah bumi rutin dilaksanakan setiap tahun secara turun temurun, dan kegiatan ini sebagai ungkapan  rasa syukur kepada Tuhan YME atas limpahan hasil bumi Desa Plintahan.

"Terpenting dari acara karnval ini adalah mempertahankan budaya dan seni tinggalan nenek moyang kita. Lebih pokok lagi, yaitu melestarikan budaya gotong royong," kata Kopka Salim. (Yn)

Posting Komentar

0 Komentar