Memanfatkan Lahan Sempit Untuk Budidaya Lele di Kebun Agro

27/03/2019 Mitra Pasuruan
Mitra Pasuruan - Budidya lele dengan menggunakan media terpal plastik, sebagai wadah atau tempat untuk pembesaran ikan lele semakin dinikmati warga masyarakat di sejumlah tempat di Desa Ngempit, yang bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan bagi keluarga.

Lele dapat hidup dalam kepadatan tebar tinggi dan rasio tumbuh yang baik. Lele juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Budidaya ikan lele akan mendapat manfaat lebih jika dilakukan secara intensif. Memulai bisnis ternak ikan lele di kolam terpal tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Sedang minat masyarakat terhadap ikan lele cukup besar. Maka, mulai dari warung makan, rumah makan, gerai oleh oleh, hingga supermarket membutuhkan pasokan lele dalam jumlah besar secara teratur.

Kebutuhan protein hewani yang aman dikonsumsi terbebas dari bahaya kolesterol bagi konsumen saat ini sudah tidak lagi sulit, setidaknya makanan sehat bebas lemak berbahaya itu mudah didapat di kebun Agro KIM Surya Harapan Ngempit,
Kelompok muda KIM ini tengah mengembangkan budidaya ikan lele dengan media kain terpal. Usaha ini produktif cukup menjanjikan dan mudah dilakukan oleh semua segmen masyarakat.

Ketua Agro bidang pemberdayaan unit perikanan Bpk. Saiful Anwar (48 th) mencoba mengembangkan usaha barunya dengan memanfaat lahan yang ada.

Ketika dihubungi oleh koresponden KIM, mengapa memilih kolam terpal ?. Dia menjelaskan kelebihan media terpal ini antara lain ; (1) peluang beternak ikan lele sangat terbuka karena permintaan lele cukup tinggi, tak perlu risau soal lahan, yang sempitpun jadi, (2) praktis dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, (3) kolam terpal sangat cocok bagi daerah yang kritis air, (4) mendapat keuntungan finansial yang lebih dari cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga budidaya lele menjadi alternatif usaha yang menguntungkan. (DS)

Posting Komentar

0 Komentar