Ratusan Rumah Di Sidogiri, Kraton Terendam Akibat Air Sungai Meluap



Mitra Pasuruan - Hujan berjam-jam yang mengguyur Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya, Senin (18/3/2019), membuat Sungai Sumber Penang di Desa Sidogiri, meluap. Hingga pukul 18.00, air masih menggenangi perkampungan sekitar Pondok Pesantren Sidogiri. Jalan-jalan terendam hingga tidak bisa dilintasi kendaraan.

Ketinggian air mencapai 50 cm.  Banjir paling parah terjadi di dua dusun, yaitu Dusun Wangkal dan Dusun Sidogiri.  Air masuk ke rumah-rumah penduduk. Di Dusun Wangkal, ada sekitar 25 rumah yang terendam. Ketinggian air mencapai 30 cm.   Sedang di Dusun Sidogiri cukup parah.  Ada sekitar 800 rumah yang terendam.  Ketinggian air hingga 55 cm.

“Air sungai meluap karena badan sungai tak mampu menampung air kiriman dari Kecamatan Purwosari, Wonorejo, Rembang dan Kraton sendiri. Biasa kalau kawasan atas  hujan deras, pasti sungai meluap, ” ujar Kapolsek Kraton,  AKP Masroni, SH.

Korban jiwa tidak ada alias nihil. Total kerugian ratusan juta rupiah.  Karena ada hektaran sawah siap panen juga terendam. Sampai petang ini masih berjaga- jaga dengan petugas BPBD dan Muspika. ” Kita serahkan bantuan dan evakuasi warga, ” kata Kapolsek.

Posting Komentar

0 Komentar