Kejari Kab. Pasuruan Musnahkan Barang Bukti


Mitra Pasuruan – Barang bukti hasil kejahatan dimusnahkan Kejari Kabupaten Pasuruan. Pemusnahan itu dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Pemusnahan dilakukan Rabu (10/4). Lingkungan kantor Kejari Kabupaten Pasuruan dipilih sebagai tempat untuk kegiatan pemusnahan barang bukti yang dinyatakan inkracht akhir tahun 2018 hingga awal tahun 2019 ini.

Pemusnahan barang bukti hasil kejahatan itu, dilakukan dengan dua cara. Untuk botol miras dan handphone dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat. Sementara untuk ganja, rokok, pil koplo, dan beberapa barang bukti lainnya, dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kepala Kejari Kabupaten Pasuruan M. Noor HK mengutarakan, pemusnahan itu dilakukan sebagai bukti tindak eksekusi yang dilakukan kejaksaan. Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk menjalankan perintah Mahkamah Agung. “Supaya barang bukti yang ada tidak bisa disalahgunakan,” sampainya.

Sejumlah aparatur negara hadir dalam kegiatan pemusnahan itu. Tak hanya dari unsur kepolisian, tetapi juga dari unsur pengadilan, Bea Cukai, BNN, dan beberapa instansi lainnya.

Noor menambahkan, sengaja mengundang sejumlah pihak untuk menjadi saksi. “Bahwa pemusnahan ini, benar-benar kami lakukan,” tambahnya.

Menurut Noor, barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan barang bukti yang sudah dinyatakam inkracht atau memiliki kekuatan hukum tetap. Ada banyak barang bukti yang dimusnahkan. ”Paling banyak adalah barang bukti rokok dan narkoba,” ungkap dia.(DK)

Posting Komentar

0 Komentar