Tol Malang-Pandaan Segera Diresmikan

Mitra Pasuruan – Ruas jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sudah diresmikan Rabu (10/4). Dalam waktu dekat, giliran tol Malang-Pandaan (Mapan) bakal segera dioperasionalkan. Bahkan, Kementerian PUPR mengagendakan akan dilakukan akhir pekan Ini.

Hal ini disampaikan langsung Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. “Tol ini (Mapan) terbagi dari beberapa seksi dan sudah kami survei dari Pandaan hingga Singosari. Kelihatannya sudah siap untuk diresmikan,” ujarnya.

Jalan bebas hambatan sepanjang 38,488 kilometer dari Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan sampai Kabupaten Malang, ini terbagi dalam lima seksi. Sejak Senin (8/4), tiga seksi mulai seksi pertama sampai seksi tiga telah diuji kelayakannya.

Basuki mengatakan, di tiga seksi itu ada sejumlah pekerjaan pembersihan masih dilakukan. Pihaknya berharap pekerjaan itu rampung dalam satu hingga dua hari ini ke depan. Kamis ini (11/4), ada tim laik fungsi yang akan turun ke lapangan.

“Jika Kamis (11/4) sudah oke, Bapak Presiden bersamaan dengan agenda Piala Presiden Cup di Malang sekaligus peresmian tol ini Jumatnya (12/4). Itu, sesuai usulan Ibu Gubernur Jatim untuk bisa diresmikan,” ujarnya.

Namun, dari lima seksi jalan tol sepanjang 38,488 kilometer itu, yang akan diresmikan baru 30,625 kilometer saja. Yakni, mulai dari seksi satu sampai seksi tiga. “Seksi satu sampai tiga yang akan kami resmikan. Sisanya seksi empat dan seksi lima menyusul,” ujar pria kelahiran Surakarta tersebut.

Terpisah, Humas PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Tri mengatakan, jalan Tol Mapan seksi satu hingga seksi tiga semuanya sudah siap. Kini hanya tinggal pekerjaan pembersihan. Sedangkan, sarana prasarana pendukung lainnya, seperti rambu-rambu, penerangan jalan umum (PJU), gerbang tol, dan sumber daya manusianya sudah siap. “Setiap hari pekerjaan finishing itu kami kebut. Di lapangan semuanya sudah siap jika harus dioperasionalkan dalam waktu dekat,” ujarnya.(DK)

Posting Komentar

0 Komentar