Akibat Kurang Peduli Lingkungan, Sampah Jadi Menumpuk


11/05/2019 Mitra Pasuruan
Mitra Pasuruan - Tumpukan sampah memanjang di jalan Cangkringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Tumpukan sampah ini dikeluhkan karena menimbulkan bau tak sedap dan merusak pemandangan.
Sejumlah pengguna jalan pun mengeluhkan kondisi itu. Sebab, sampah-sampah itu tak kunjung diangkut. Bahkan, terkesan dibiarkan saja. Sementara DLH Kabupaten Pasuruan menyebut, sampah-sampah itu dibuang secara liar oleh masyarakat.
Arifin, pengguna jalan yang juga warga Gununggangsir, Kecamatan Beji misalnya, mengeluhkan timbunan sampah itu membuat jalur Cangkringmalang-Gununggangsir tak sedap dipandang. Bau busuk juga kerap timbul lantaran sampah tak kunjung diangkut.
“Tidak ada penanganan dari Pemkab. Dampaknya, sampah semakin menumpuk dan menyebabkan gangguan lingkungan. Baunya tak sedap,” kata Arifin.
Ia pun menyayangkan ulah masyarakat yang membuang sampah di tepi jalan itu. Apalagi, larangan membuang sampah sudah dipasang di sana.
Namun, ia juga kecewa dengan sikap Pemkab. Sebab, keberadaan sampah itu terkesan dibiarkan. “Kalau ada fasilitas penunjang, tentunya sampah-sampah itu tidak menumpuk begitu saja di tepi jalan,” sampainya.
Plt Kepala DLH Kabupaten Pasuruan Indra Hernandi saat dikonfirmasi menegaskan, sampah-sampah tersebut dibuang liar oleh masyarakat. Karena papan larangan untuk tidak membuang sampah di lokasi setempat sudah dipampang.
Ia menambahkan, fasilitas penunjang memang tengah dirancang. “Kami sudah bekerja sama dengan pihak desa untuk menyiapkan tempat pembuangan sampah di wilayah Cangkringmalang. Tapi, saat ini masih perencanaan untuk pembangunan infrastrukturnya. Seperti akses menuju tempat penampungan sampah tersebut,” sampainya. (DS)


Posting Komentar

0 Komentar