Bahaya DBD Masih Terus Mengancam Warga Kabupaten Pasuruan


10/05/2019 Mitra Pasuruan
Mitra Pasuruan - Salah satu kegiatan jumantik (juru pemantau jentik) di wilayah Kabupaten Pasuruan. Ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD) belum lepas dari warga Kabupaten Pasuruaan. Sebab, masih banyak warga yang menjadi korbannya.
Meski tak menyebabkan nyawa melayang, namun jumlah kasusnya terus naik. Hingga April 2019, setidaknya ada 108 kasus DBD. Jumlah itu hampir mendekati tahun 2018 yang mencapai 191 kasus.
Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit di Dinkes Kabupaten Pasuruan Agus Eko Iswahyudi mengungkapkan, kasus DBD di Kabupaten Pasuruan memang terus bermunculan. Namun, jumlahnya mampu ditekan.
Seperti pada tahun 2016, ada 764 kasus DBD yang ditemukan. Dari jumlah itu, sebanyak 27 orang penderitanya meninggal dunia.
Angka tersebut menurun di tahun 2017. Sebanyak 313 orang dilaporkan menderita DBD dan 13 orang di antaranya meninggal dunia. Lalu, di tahun 2018, ada 191 kasus dengan jumlah pasien meninggal empat orang.
“Sebenarnya sudah bisa ditekan. Meski kasus demi kasusnya, terus bermunculan,” jelas Agus Eko.
Karena itulah, pihaknya mengimbau masyarakat untuk terus waspada. Apalagi, cuaca yang tak menentu, juga bisa memicu sarang-sarang nyamuk muncul. Hingga April 2019 saja, sudah ada 108 kasus dengan kematian sebanyak dua orang.
Pemkab, kata Agus, tidak tinggal diam. Ia menegaskan, berbagai upaya dilakukan agar bisa menekan seminimal mungkin kasus DBD. Mulai dari penyuluhan, fogging, dan berbagai kegiatan lainnya.
“Kami juga membentuk kader Gerakan Masyarakat Sehat Sadar Lingkungan, melalui pelatihan dan pembinaan program,” sambung dia.
Hingga saat ini, setidaknya ada 470 kader Gemas Darling. Sejumlah kalangan digandeng. Mulai masyarakat umum, ponpes, perusahaan, hingga militer dan instansi-instansi lain.
“Kami juga melantik para juru pemantau jentik, siswa pemantau jentik, santri pemantau jentik, hingga pekerja pemantau jentik. Semuanya direkrut dari kader Gemas Darling yang telah dilatih,” pungkasnya. (DS)


Posting Komentar

0 Komentar