Disparbud Kab. Pasuruan Siapkan 200 Juta Untuk Percantik Banyubiru

Kawasan pemandian Banyubiru Pasuruan
 
Batara Pasuruan - Siapa yang belum mengetahui pemandian terpopuler di Pasuruan ini? Bukan hanya sebuah pemandian biasa, tapi juga sebuah situs bersejarah. Menurut beberapa sumber, banyak orang Bali datang ke Banyubiru, karena dipercaya bahwa pemandian ini adalah peninggalan Kerajaan Majapahit, yang notabene adalah leluhurnya, dan mereka percaya bahwa air disini dapat digunakan untuk mensucikan diri. Penduduk sekitar pun meyakini bila mandi di Pemandian Banyubiru ini dapat membuat awet muda serta memberi kesegaran hati.

Namun disayangkan, kini sejumlah fasilitas di pemandian Banyubiru mulai rusak. Untuk memperbaikinya, Dinas Pariwisata dan Kabudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan menganggarkan biaya pemeliharaan sebesar Rp 200 juta tahun ini. Selain untuk mengganti fasilitas yang rusak, rencananya anggaran itu juga untuk mengganti lantai batu yang ada di tengah kolam alami. Sebab, lantai batu sudah cukup lama tidak diperbaiki. Sehingga, kondisinya sudah banyak yang rusak.

Kepala Disparbud Kabupaten Pasuruan Agung Maryono melalui Kabid Industri Pariwisata Budi Shoreanto mengatakan, pemandian alam Banyubiru merupakan salah satu wisata yang banyak dikunjungi warga Pasuruan. Karena itu, biaya pemeliharaan rutin dianggarkan. “Tahun ini ada fasilitas yang rusak dan perlu diganti di Banyu Biru. Biaya pemeliharaannya kami anggarkan Rp 200 juta,” terangnya.

Dikatakan anggaran tersebut paling besar adalah untuk mengganti lantai batu yang berada di sisi tengah kolam alami. “Rencananya akan diganti dengan keramik air dari batu, sehingga tidak licin. Sedangkan anggaran yang lain untuk mengganti fasilitas yang rusak,” terangnya.

Di antaranya, tujuh pintu di ruang ganti bilas di kolam alami harus diganti. Pintu yang asli dari PVC sudah rusak dan rencananya diganti dengan pintu kayu. Selain itu, juga mengganti cat bangunan yang sudah luntur dan sebagainya. Pengerjaannya sendiri, diperkirakan pada bulan Juli mendatang. Targetnya, triwulan ke empat atau akhir tahun sudah selesai. Sehingga, lebih nyaman bagi pengunjung yang datang di Pemandian Banyu Biru.

Pemandian Banyubiru terletak di Desa Sumberejo Kecamatan Winongan. Disini ada sekitar 4 pemandian, 1 telaga utama, 2 telaga buatan  yang baru, dan 1 kolam renang meski berada di tempat terpisah, warnanya tetap sama, biru tua. Didalam telaga, terdapat beberapa ikan yang dari dahulu sudah berada disitu, mungkin karena kepercayaan tertentu, tidak ada yang berani mengganggu ikan tersebut. Pada hari libur atau akhir pekan, pengunjung disini sangat membludak dan telaga pun penuh akan manusia. Pemandian seperti inilah yang menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. (SL)

Posting Komentar

0 Komentar