Polres Kab. Pasuruan Gelar Operasi Pekat

Polisi sedang memeriksa bawaan penumpang bus di depan Stasiun Bangil
Batara Pasuruan - Sebagai upaya untuk menciptakan suasana kondusif selama bulan suci Ramadhan 1440 H, Polres Pasuruan melakukan gelar razia penyakit masyarakat (pekat) di kawasan Stasiun Bangil. Selain menyisir penumpang kereta dan bus, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan angkutan barang, Senin (20/5).

Sejumlah bus yang melintas dicegat, setelah melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang kereta api di Stasiun Bangil. Petugas kemudian melakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang ada di dalam bus. Satu persatu barang bawaan penumpang digeledah. Bukan hanya penumpang bus yang diperiksa. Petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan angkutan.

Beberapa pick up boks yang melintas, dihadang untuk kemudian dilakukan pengecekan barang bawaan. Giat yang berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB itu, melibatkan sejumlah unsur dari Polres Pasuruan. Bukan hanya Satlantas, tetapi juga dari Shabara hingga Propam. Kabagops Polres Pasuruan Kompol Subadar menguraikan, operasi pekat itu dilakukan untuk mengantisipasi kejahatan di dalam angkutan. Pihaknya tak menginginkan ada penumpang yang ternyata kedapatan membawa sajam.

“Ini, untuk mengantisipasi kejahatan saat Ramadan serta menjelang Lebaran. Kami melakukan pemeriksaan untuk memastikan tidak ada yang membawa sajam,” sampainya. Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi adanya pergeseran warga yang hendak menuju ke Jakarta untuk mengikuti aksi besok. Pasalnya, aksi tersebut rentan disusupi orang-orang yang tak bertanggung jawab, sehingga berisiko terjadinya perpecahan.

“Selain mengantisipasi tindak kejahatan, juga untuk mengantisipasi gerakan atau pergeseran warga yang hendak menuju Jakarta. Kasihan, kalau nantinya di sana terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” ulasnya. Dari kegiatan operasi itu, tidak ada temuan yang mengkhawatirkan. “Tidak ada temuan sajam ataupun risiko kejahatan. Termasuk pula rencana pergerakan ke Jakarta,” jelasnya. (SL)

Posting Komentar

0 Komentar