Uji Tol Malang-Pandaan Sebelum Operasi Pasca Lebaran


12/05/2019 Mitra Pasuruan
Mitra Pasuruan - Terlihat Sebuah kendaraan melintas di Jalan Tol Mapan KM 62 di Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo. Untuk menguji Tol sebelum siap beroprasi.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, jalan Tol Pandaan-Malang siap diresmikan pada pekan depan. Sehingga, nantinya tol baru di Jawa Timur tersebut bisa beroperasi saat mudik lebaran 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, ruas tol Pandaan-Malang yang akan diresmikan terdiri dari seksi satu, dua, dan tiga. Adapun seksi satu mulai dari Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,48 kilometer (km), seksi dua Purwodadi-Lawang dengan panjang 8,05 km, dan Lawang-Singosari 7,10 km.

Uji laik jalan ruas jalan tol Malang-Pandaan telah rampung dilakukan Badan Pengatur Jalan Tol . Namun, untuk mengoperasikannya, masih menunggu sertifikat laik uji dari Kementerian PUPR.
“Semuanya sudah ready untuk perbaikan sarpras (sarana prasarana) pascarekomendasi diuji laik jalan pertama lalu. Saat ini tinggal operasionalnya saja, tapi menunggu sertifikat uji laik jalannya turun dulu,” ujar Humas PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Tri.
Menurutnya, adanya sertifikat uji laik jalan ini penting dan harus dimiliki sebelum diputuskan dioperasikan. Sebab, merupakan bagian dari salah satu syarat utama yang harus dipenuhi. Instansi yang berwenang mengeluarkannya hanyalah Kementerian PUPR. “Kami terus intens berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait hal ini. Informasinya dalam proses,” ujarnya. (DS)

Posting Komentar

0 Komentar