Babinsa Desa Karangkliwon Dampingi Pemberantasan Sarang Nyamuk


Batara Pasuruan -  Babinsa Desa Karangkliwon Koptu Puji Utomo anggota Koramil 0819/05 Grati melaksanakan pendampingan kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) Lintas Sektoral di Wilayah Kerja UPTD Jesehatan Puskesmas Kedawung kulon Kecamatan Grati, Sabtu (27/07/2019)

PSN adalah upaya untuk mengurangi jumlah nyamuk dengan melakukan pemberantasan jentiknya.Karena fogging yang selama ini dilakukan tidak bisa membunuh semua nyamuk dewasa yang ada sedangkan satu nyamuk bisa bertelur sebanyak 100 buah.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) tersebut dilakukan dengan cara 3M Plus. Mulai dari menguras, yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air, tempat penampungan air minum. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air. Terakhir, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah, segala bentuk kegiatan pencegahan. Seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Desa Karangkliwon Koptu Puji Utomo menghimbau kepada masyarakat untuk bersama sama menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari dan menciptakan lingkungan yang bersih agar tercipta wilayah yang sehat dan warga yang sehat dan produktif.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Muspika / Ibu camat, PLT Desa Karangkliwon beserta perangkat, Babinsa  karangkliwon, Bahbinkatibmas karangkliwon, Upt puskesmas kdwung wetan, Ketua Pkk dan kader Serta Warga Desa Karangkliwon/ dusun krajan.(Fj)

Posting Komentar

0 Komentar