Program Penghijauan, Kodim 0819 Gelar Menanam Pohon Mangrove


Batara Pasuruan - Sebagian besar masyarakat dilingkungan kita tentunya sudah mengenal apa itu Hutan Mangrove. Tumbuhan Mangrove itu sendiri yakni sekumpulan pohon atau semak-semak yang hidup dan tumbuh di daerah pasang surut (Kawasan Pinggiran Pantai). Rabu, (24/07/2019).


Pada kesempatan kali ini, telah dilaksanakan oleh Kodim 0819/Pasuruan yaitu kegiatan Karya Bhakti dalam rangka program penghijauan Ta. 2019 yang bertempat di Taman Wisata Hutan Mangrove tepatnya di Desa Penunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. 

Terselenggaranya program penghijauan yaitu penanaman bibit Mangrove pada area yang sudah di siapkan dimana bibit yang di sediakan oleh Kodim 0819/Pasuruan berjumlah 500 bibit Mangrove. 

Kegiatan tersebut dimulai pada Pukul 07.30 sampai dengan pukul 09.10 WIB dengan koordinator kegiatan Kapten Czi. Sutyono selaku Danramil 0819/06 Nguling yang di ikuti lebih kurang 300 orang. 

Mekanisme dalam rangkaian kegiatan, pada Pukul 07.30 WIB dilaksanakan Persipan dan pengecekan personil, pukul 08.10 WIB kegiatan Karya Bhakti program penghijauan Ta. 2019 di mulai dan di awali dengan apel pembukaan yang di pimpin langsung oleh Kapten Kav. Nasrokin selaku Pasiter Dim 0819 Pasuruan. 

Dalam menyampaikan sambutan, Pasiter Kodim 0819 yaitu Kapten Kav. Nasrokin mengungkapkan serta mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Karya Bhakti yang akan di laksanakan pada pagi ini. 

Kegiatan ini apabila di bandingkan dengan yang sudah di laksanakan kemarin tidak ada apa apanya, namun saya berharap agar kita semua dapat mengambil hikmah dari kegiatan pada pagi hari ini. 

"Kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai," tegas Kapten Kav. Nasrokin.

Selain itu, peran penting Hutan Mangrove lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi. Hutan Mangrove juga populer dengan sebutan Hutan Bakau, dikarenakan mayoritas populasi tanaman yang hidup pada Hutan Mangrove adalah tanaman bakau, "Imbuh Pasiter Dim 0819 dalam membacakan amanat".

Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih atas terlaksananya kegiatan Karya Bhakti ini dan juga partisipasi dari semua pihak yang sudah membantu jalannya program penghijauan yang diselenggarakan Kodim 0819/Pasuruan. Dipenghujung acara, sekira pada Pukul 08.25 WIB, apel pembukaan selesei di lanjutkan penyerahan secara simbolis bibit Mangrove.

Turut hadir dalam giat diantaranya Pasiter Dim 0819 Pasuruan Kapten Kav. Nasrokin, Waka Polsek Nguling beserta 3 orang anggota, 2 (Dua) orang anggota personil dari masing masing Koramil jajaran Kodim 0819 (Koramil 0819/01 sampai dengan Koramil 0819/25), Bapak H. Mukarim (Pemerhati Lingkungan) beserta anggota, Bapak M. Nisaam (Mewakili Camat Nguling), Dewan guru Yayasan Tarbiyah Islam (YTI), Siswa MTS dan MA Yayasan Tarbiyah Islam (YTI) Nguling.(Srm)

Posting Komentar

0 Komentar