Ungkapan Perasaan Masyarakat Desa Setail Kec. Genteng Terhadap Gelaran TMMD Ke-105 Kodim 0825/Banyuwangi


Batara Pasuruan - Antusias warga Desa Setail , Kecamatan Genteng  terhadap gelaran TMMD ke-105 Kodim 0825/Banyuwangi  sangat luar biasa. Dimana dalam kegiatan yang secara resmi dibuka tanggal 11 Juli pekan lalu  itu akan membangun jalan yang menumbuhkan optimisme warga setempat yang sebagian besar sebagai petani.

Bpk Khosim 50 tahun salah seorang warga Desa Setail mengungkapkan, sebagian besar warga yang disasar TMMD Kodim 0825/banyuwangi  adalah petani, dengan dibangunnya jalan oleh TNI Kodim 0825/Banyuwangi  nantinya akan mempermudah warga dalam memasarkan hasil pertaniannya.
''Warga disini sebagian besar adalah petani yang lahannya ada di kanan kiri jalan yang akan dibangun melalui TMMD. Sehingga jika nantinya jalan dibangun pasti akan memperlancar pemasaran hasil pertanian warga,'' ungkap Bpk Khosim.

Ibu Katemi  68 tahun, warga lainnya mengungkapkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, di musim seperti ini sebagian warga menanam padi dan sebagian lagi menanam sayuran seperti Brokoli, Tomat dan Cabai dan pada waktu luang ikut bekerja di tempat pengolahan sampah daur ulang plastik. Hanya saja karena tidak ada fasilitas jalan yang memadai hasil panenan harga jualnya murah, ''untuk itu jika nantinya jalan sudah terbangun perekonomian warga akan meningkat. Contoh kecil saja harga jual hasil pertanian warga akan terangkat lantaran transportasinya lancar,'' ungkap ibu Katemi.

Dia membenarkan jika sebagian besar warga Desa Setail  mata pencahariannya sebagai petani. Dikatakan, geografis Desa Setail yang cuaca nya relative sejuk dan dingin, sehingga  mayoritas penduduknya bertani mengolah lahan sawah dan tegalan. Pada musim penghujan seperti saat ini warga menanam padi.

''Namine urip teng ndeso ngeh tani, ngarap sawah kalih tegalan pak, nek mboten tani mangke badhe maem nopo? (namanya hidup didesa ya bertani, menggarap  sawah sama tegalan Pak, kalau tidak bertani nanti makan apa pak?)," pungkas ibu Katemi (Tim Tehknis Penrem 083/Bdj).

Posting Komentar

0 Komentar