Babinsa Koramil 0819/01 Pasuruan, Kembangkan Benih Varietas Inpari 28


Batara Pasuruan - Kegiatan pendampingan pertanian yang sudah menjadi bagian tugas para anggota Babinsa Koramil 0819/01 Kota, seperti yang dilaksanakan Serda Nurudin Babinsa Kepel sebagai salah satu wujud pemberdayaan wilayah bidang pertanian. 

Hal tersebut selalu dilakukan guna untuk menjaga kelangsungan ketahanan pangan daerah menuju swasembada beras yang merupakan Ketahanan Pangan Nasional. Jum'at (13/9/2019).

Upaya khusus (Upsus) yang dilakukan para Babinsa di wilayah binaan teritorial Kodim 0819/Pasuruan Jawa Timur, salah satu diantaranya dengan memperkenalkan jenis benih padi unggul varietas Inpari 28, karena varietas ini terbukti memiliki daya adaptasi dan produktivitas yang cukup tinggi.

Diperlukannya mengembangkan dan memasyarakatkan penggunaan bibit atau benih padi unggul varietas Inpari 28 guna untuk mempercepat pencapaian swasembada pangan khususnya beras.

Dikatakan Serda Nurudin Babinsa Kelurahan Kepel Kecamatan Bugul Kidul kota Pasuruan bahwasanya keunggulan varietas Inpari 28, selain produktivitasnya tinggi, umur panennya juga lebih singkat, yaitu 110-120 hari setelah semai atau 95-100 hari setelah tanam. 

"Sementara varietas lokal, umur panennya 6-7 bulan, dan hasil pengujian ini sudah di terapkan di beberapa daerah juga menunjukkan bahwa varietas Inpari 28 tahan terhadap serangan hama dan penyakit seperti wereng coklat dan blast," pungkas Babinsa Kepel.

Seperti kita lihat bersama yang mana hasil panen yaitu dilokasi Blok Randu Kekurahan Kepel Kecamatan Bugul Kidul dengan luas lahan hanya 1 hektar jenis varietas Inpari 28 sudah dapat menghasilkan lebih kurang 4 ton, ini sangat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan padi varietas lokal.

Posting Komentar

0 Komentar