Babinsa Pos Ramil 0819/16 Puspo Ikut Serta Padamkan Kebakaran Hutan


Batara Pasuruan - Di wilayah Kabupaten Pasuruan tepatnya di pembinaan teritorial Pos Koramil 0819/16 Puspo telah terjadi kebakaran hutan akibat rumput ilalang yang mengering di wilayah Argowulan, kejadian kebakaran tersebut menjalar sampai ke wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ledok Tatal. 

Kejadian kebakaran di lereng Gunung Bromo terjadi sekira pada pukul 03.00 WIN pada hari Selasa, 10 September 2019 dan pada saat itu dilokasi kejadian sudah di upayakan pemadaman. Luas hutan yang terbakar masih dalam proses pengukuran oleh petugas TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). 

Adapun personil yang terjun langsung melaksanakan pemadaman api diantaranya; sebanyak 16 orang personil dari TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru), 3 anggota Babinsa Pos Ramil 0819/16 Puspo dan Masyarakat Desa Wonokitri sebanyak 10 orang. 

Dengan kejadian kebakaran hutan tersebut Babinsa Pos Ramil 0819/16 Pospu menyampaikan diantaranya terkait kerugian personil nihil sedangkan kerugian materiil masih dalam pendataan oleh petugas BPBD Pasuruan. Rabu. (11/09/2019).

Salah satu Babinsa Pos Ramil 0819/16 Puspo yaitu Serda Lutfi membeberkan bahwasanya kejadian kebakaran itu di antaranya mengemuka setelah terdapat laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), yang menggambarkan titik panas di seputar Kecamatan Puspo dan Lumbang.

Dari informasi yang diperoleh Babinsa Serda Lutfi anggota Pos Ramil 0819/Puspo yang telah berkoordinasi dengan Dian Yudha Risdianto selaku Kepala Lapan Watukosek, Gempol menyampaikan di dua kecamatan wilayah Kabupaten Pasuruan itu, dicatatkan terdapat titik panas dengan kepercayaan tinggi (lebih 79%), setelah pantauan satelit Lapan menunjukkan warna merah, "pungkasnya".(Srm)

Posting Komentar

0 Komentar