Babinsa Koramil 0819/02 Pohjentrek Hadiri Nikah Dan Sunat Massal


PASURUAN - Babinsa desa Parasrejo Serma Wahyu anggota Koramil 0819/02 Pohjentrek menghadiri kegiatan masyarakat Nikah massal dan Sunat massal di musolla baitur rohman desa parasrejo kecamatab pohjentrek kabupaten pasuruan, Senin (30/12/2019)

Hadir dalam kegiatan tersebut Toga ,Tomas ,segenap warga dan masyarakat desa parasrejo, Pengurus NU ,perangkat desa  kecamatan pohjenterek, Perwakilan dari kecamatan pohjenterek
Koramil,dan polsek.

Pernikahan massal pasangan mempelai dari Kecamatan pohjentrek dimaksudkan untuk melegalkan status perkawinan mereka. Prosesi pernikahan dilakukan langsung oleh petugas KUA Kecamatan pohjentrek.

Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, menyebutkan bahwa perkawinan dinyatakan sah bila dilakukan menurut hukum atau aturan agama dan dicatat dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Nikah massal ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat, khususnya bagi yang kurang mampu untuk mendapatkan surat nikah bagi yang beragama Islam dan akta pernikahan bagi non muslim.


Untuk sunatan massal gratis, digelar bagi anak warga masyarakat kurang mampu Ini sengaja dilakukan pada saat liburan sekolah.

Khitanan bagi anak laki-laki menurut kesehatan sangat dianjurkan, bahkan menurut sebagian besar ulama dalam ajaran Islam hukumnnya wajib. Kewajiban ini menjadi lebih baik lagi manakala dilihat dari sudut kesehatan.

Hal yang menjadi pertimbangan diadakannya secara massal khitanan ini untuk membantu warga masyarakat kurang mampu yang anaknya sudah waktunya disunatkan, namun belum dapat dilakukan karena faktor ekonomi.

Babinsa desa Parasrejo Serma Wahyu Berharap pasangan yang mengikuti nikah massal ini dapat menjaga perkawinan sehingga menjadi keluarga sakinah, mawadah dan warahmah. Sedangkan, bagi anak-anak yang akan disunat diharapkan menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. (Pendim)

Posting Komentar

0 Komentar