SERDA M. TAUFIQ ANGGOTA KORAMIL 0819/20 GEMPOL TURUT MEMBANTU PETANI BERSIHKAN GULMA

Melihat kesibukkan warganya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0819/20 Gempol Serda M. Taufiq  langsung turut membantu membersihkan gulma milik bapak H. Makson warga Dusun Carat Desa Carat Kecamatan Gempol yang tengah membersihkan gulma (hama tanaman) rumput di sawahnya, ini merupakan suatu bentuk kepedulian TNI untuk membantu warga masyarakat dalam mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan. (16/01/20)  
 
“Gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam setiap pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen,” jelas Serda M Taufik.
 
Taufik juga menambahkan, gulma dapat menurunkan hasil panen, karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.
 
"Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida," imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal dan terwujudnya swasembada pangan. (Pendim0819pas)

Posting Komentar

0 Komentar