DANRAMIL 0819-02/POHJENTREK GELAR APEL KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA

Untuk mengantisipasi bencana alam khususnya di wilayah teritorial Koramil 02/Pohjentrek Kodim 0819/Pasuruan, Kapten Arh Nanang Sugito menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di Balai Desa Sukorejo Kec. Pohjentrek Kab Pasuruan. Rabu (28/10/20).

Diketahui, Kabupaten Pasuruan apabila terjadi intensitas curah hujan yang cukup tinggi akan mengakibatkan terjadinya banjir di beberapa wilayah diantaranya kecamatan Pohjentrek, oleh sebab itu Komandan koramil 02/Pohjentrek berinisiatif untuk melaksanakan latihan penanggulangan bencana bersama muspika setempat.

Menurut Kapten Arh Nanang Sugito, apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang  dilakukan untuk mengecek persiapan personel maupun peralatan mulai dari TNI, Polri, BPBD serta pihak terkait lainnya dalam menghadapi untuk mengantisipasi bencana di wilayahnya.

“Apel siaga ini digelar untuk mengecek sejauh mana kesiapan personel maupun peralatan dalam menghadapi bencana alam yang bisa saja terjadi kapanpun, kita juga mengajak semua pihak untuk tetap siaga dan waspada dalam menghadapi semua kondisi yang ada,” ujar Danramil.

Dikatakannya, Muspika Kecamatan Pohjentrek berupaya meringankan beban masyarakat yang terkena musibah dengan melakukan persiapan sebelum bencana tersebut benar-benar terjadi. Kalau sudah masuk Musim hujan nanti, kita semua perlu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi sedini mungkin untuk memperkecil terjadinya bencana,” tambah Kapten Nanang.

Selanjutnya pada saat apel gelar kesiapsiagaan tersebut Danramil juga menyampaikan kepada peserta apel bahwa seluruh personel yang akan dilibatkan harus memahami sistem peringatan dini, mengetahui rute evakuasi dan rencana pengungsian, memiliki keterampilan khusus dan rencana antisipasi bencana agar mengurangi jatuhnya korban jiwa serta cepat tanggap melihat segala dampak bahaya bencana. (Pendim0819pas)

Posting Komentar

0 Komentar